SERANG, (19/10/2020) – Dies Natalis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang diadakan setiap tahun pada tanggal 1 Oktober ternyata mampu membawa berkah dan membekas dihati bagi warga civitas Untirta sendiri. Pasalnya Vivi Intan Pangestuti mahasiswa FKIP Jurusan B. Indonesia yang memilki kebutuhan khusus (Tunanetra) mendapatkan hadiah yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya oleh dirinya.

Berawal dari acara Puncak Dies Natalis Ke-39 Untirta yang dihelat pada kamis (15/10) saat sesi bedah buku yang berjudul “Sketsa Untuk Untirta” yang di tulis oleh Alumni dan Mahasiswa Untirta, Vivi merupakan salah satu penulis dari buku tersebut yang berasal dari kalangan mahasiswa. Saat acara tersebut berlangsung Vivi mahasiswi penyandang tuna netra ini diminta menjelaskan proses pembuatan tulisannya di buku Sketsa untuk Untirta. Setelah dijelaskan olehnya tidak sedikit orang yang hadir merasa terharu atas kegigihan Vivi dalam membuat tulisan. Ternyata ia memang mahasiswi yang rajin dan berprestasi. Selama ini Ia hanya menggunakan Handphone dalam membuat tulisannya. “saya belum punya laptop dan HP lama ini yang saya miliki” Cetusnya. Dari jawabannya tersebut sontak saja membuat sejumlah pimpinan Universitas yang hadir saat itu terenyuh dengan semangatnya Vivi. Secara Spontan saat itu juga Rektor Untirta Prof. Dr. H. fatah Sulaiman, MT berjanji akan memberikan sebuah handphone dengan teknologi yang canggih untuk Vivi agar lebih produktif lagi dalam menulisnya. Begitu pun  Dekan FKIP Untirta, Dr. Dase Erwin Juansyah, M.Pd juga berjanji memberikan sebuah laptop untuk menunjang pembelajaran daring. Bukan hanya itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr. Suherna, MP juga berjanji akan mengupayakan beasiswa bagi vivi.

Kini tepat empat hari setelah acara puncak dies tersebut, Vivi dengan hati yang berbahagia menerima handphone dan laptop tersebut. Prof. Dr. H. Fatah Sulaiman, MT saat penyerahan handphone kepada vivi mengatakan hadiah tersebut sebagai bentuk apresiasi perjuangan vivi atas anugerah keterbatasan yang tidak menyurutkan ia untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi dan dibuktikan dengan kualitas Vivi yang dapat menulis dengan baik. “Kami dari civitas akademiki Untirta mengapresiasi dengan memberikan handphone dengan teknologi yang dapat mendukung aktivitas akademik dan kebutuhan Vivi” ujar Prof Fatah.

Senada yang diucapkan oleh rektor, Dekan FKIP Untirta Dr. Dase Erwin Juansyah, M.Pd sambil menyerahkan laptop yang dijanjikannya menitip pesan kepada Vivi agar terus berkarya dan bersemangat meskipun dalam keterbatasan. Pada kesempatan itu pula Dr. Dase merespon permintaan Vivi terkait perpustakaan yang ramah tunanetra bahwa ia telah menugaskan kepala perpustakaan FKIP untuk membuat perpustakaan FKIP ramah disabilitas dan rencana tersebut sudah banyak dibicarakan anatar pimpinan

Vivi pun saat ditemui pada penyerahan hadiah tersebut merasa bersyukur atas capaian prestasinya ia berharap menjadi langkah awal yang baik untuk  kedepannya dan ia mengucapkan terimakasih kepada Untirta atas penerimaan dirinya dapat berkuliah sekaligus memberikan fasilitas kepada dirinya agar ia dapat mengikuti perkuliahan hingga saat ini.(RDB)

By admisi